Selasa, 03 November 2015

diskripsi ikan bawal bintang


 

DESKRIPSI IKAN BAWAL BINTANG

Anda pasti tahu ikan bawal bintang. ya, ikan laut ini memang sekilas terlihat berbentuk seperti bintang dan sangat nikmat dikonsumsi. Namun baru sedikit orang mengetahui bahwa bawal bintang merupakan ikan jenis ikan pelagis dan perenang cepat yang sangat aktif.  Selain itu, Tubuhnya diselimuti oleh sisik yang sangat halus berwarna abu-abu keperakan.  Ikan ini merupakan introduksi dari Taiwan, namun bukan tidak mungkin diperairan Indonesia juga terdapat ikan jenis ini,

            Bawal bintang merupakan salah jenis ikan bawal yang ada di laut yang saat ini tengah popular dan sangat diminati .Bawal bintang yang banyak dibudidayakan saat ini beerasal dari perairan laut Taiwan yang banyan dibudidayakan petani ditepian laut.

Di Indonesia penyebaran ikan bawal air laut diantaranya di laut Batan, kepulauan Riau, kepulauan seribu didaerah situbondo di jawa timur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Taksonomi dan Morfologi

Berikut ini taksonomi lengkap dari ikan bawal bintang (Trachinotus blochii)

§  Kingdom               : Animalia Linnaeus, 1758 – animals

§  Subkingdom  : Bilateria (Hatschek, 1888) Cavalier-Smith, 1983 – bilaterians, triploblastic animals

§  Branch                  : Deuterostomia (Grobben, 1908 – deuterostomes)

§  Infrakingdom     : Chordonia (Haeckel, 1874) Cavalier-Smith, 1998)

§  Phylum                 : Chordata (Bateson, 1885 – chordates)

§  Subphylum           : Vertebrata  (Cuvier, 1812 – vertebrates)

§  Infraphylum       : Gnathostomata (auct. – jawed vertebrates)

§  Superclass             : Osteichthyes (Huxley, 1880 – bony fishes)

§  Class                      : Actinopterygii (Cope 1887 – ray-finned fishes)

§  Order                    : Perciformes -  (perch-like fishes)

§  Suborder              : Percoidei

§  Family                : Carangidae

§  Genus                 : Trachinotus (Lacepede, 1801)

§  Species                  : blochii

§  Scientific Name    : Trachinotus blochii (Lacepède, 1801)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tubuh bawal bintang berbentuk sangat gepeng dan ramping (much compressed) dengan ekor bercagak (forked). Tubuh berwarna putih keperakan di bagian lateral dan ventral serta abu-abu kehijauan pada bagian dorsal. Mulut sub terminal dan bisa dikatup sembulkan, dengan dilengkapi gigi beludru halus (feliform teeth).  Permukaan tubuh ditututpi sisik kecil bertipe sisir (ctenoid), dan mempunyai gurat sisi (lateral fin) melengkung mengikuti profil punggung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Habitat dan Tingkah Laku

Habitat alami ikan Bawal Bintang adalah pada air laut murni (salinitas normal), namun ikan ini dapat juga hidup di air payau.Tempat yang disukai adalah laut terutama di daerah berkarang.  Pada saat juvenile hidup di muara sungai dengan dasar berpasir atau pasir berlumpur. Pada saat dewasa akan bergerak ke arah terumbu karang.

Penyebaran ikan Bawal Bintang adalah di daerah pasifik, samudera hindia, kepulauan di Jepang dan wilayah China.  Kemungkinan penyebaran juga meliputi wilayah Australia.

Bawal Bintang termasuk ikan predator perenang cepat. Pada saat juvenil ikan hidup bergerombol di daerah muara sungai dan berkarang namun setelah besar hidup sendiri-sendiri (soliter) di daerah karang maupun laut lepas.

Pakan alami Bawal Bintang adalah siput dan kerang laut maupun invertebrata dasar laut. Bawal Bintang juga merupakan ikan pemakan segala, sehingga untuk dibudidayakan sangat (pembesaran) sangat mudah.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar